Rabu, 20 November 2013

Telematika

Apa Itu Telematika ??

Telekomunikasi adalah perpaduan komputer dan jaringan nirkabel yang akan memudahkan kita dalam penyaluran informasi, misal fungsi bisnis yang berhubungan dengan public service. istilah telematika  sering digunakan dalam berbagai bidang seperti : transportasi, teknologi , pemerintahan, ekonomi, pendidikan, dan lain sebagainya. contoh dari telematika yang paling mudah dipahami adalah internet, karena bergantung pada sejumlah komputer yang terhubung secara global melalui telekomunikasi.

Perkembangan Telematika ??

Perkembangan telematika saat ini maju sangat pesat. Murahnya jasa penyedian internet dirasa semakin cepat telematika ini berkembang. Akses masyarakat terhadap internet pun dirasa sangat mudah yang dapat mengakses internet dimana saja dan kapan saja.

Trend Telematika di Masa Depan ??

Perangkat komputasi berskala terabyte akan banyak bermunculan dengan harga yang terjangkau dan tentunya mudah dibawa kemana-mana. Komputasi berskala terabyte ini akan didukung dengan akses wireless dan wireline dengan akses bandwidth yang mencapai terabyte pula. Hal ini mengakibatkan pertumbuhan faktor baru dari perkembangan teknologi. Antarmuka pun sudah semakin bersahabat, lihat saja sebagai contoh Microsoft, desktop Ubuntu, GoogleApps, dan lain-lain semua berlomba menampilkan antarmuka yang terbaik dan lebih bersahat dengan kecepatan akses yang semakin tinggi. Hal ini yang sudah ditunjang oleh search engine yang semakin cepat mengumpulkan informasi yang dibutuhkan oleh penggunanya.

Arsitektur Telematika ??

Secara sederhana arsitektur telematika yaitu sebuah struktur desain yang secara logis dapat meningkatkan hubungan jaringan komunikasi dengan teknologi informasi.

Arsitektur sisi Client ??

Arsitektur Cien merujuk pada pelaksaan atau penyimpanan data pada browser (atau klien) sisi koneksi HTTP. Java Script adalah sebuah contoh dari sisi klien eksekusi dan cookues adalah contoh dari sisi klien penyimpanan. Karakteristik klien :

-          Memulai terlebih dahulu permintaan ke server
-          Menunggu dan menerima balasan
-          Terhubung ke sejumlah kecil server pada waktu tertentu
-          Berinteraksi langsung dengan penggunaan akhir, dengan menggunakan GUI.

Arsitektur sisi Server ??

Sebuah eksekusi sisi server adalah server web khusus eksekusi yang melampaui standart metode HTTP itu harus mendukung. Sebagai contoh, penggunaan GUI script sisi server khusus tag tertanam dihalaman HTML, tag ini memicu tindakan atau program untuk mengekusi. Karakteristik server :

-          Selalu menunggu permintaan dari salah satu klien.
-          Melayani klien permintaan kemudia menjawab dengan data yang diminta ke klien.
-          Sebuah server dapat berkomunikasi dengan server lain untuk melayani permintaan klien.
-          Jenis-jenisnya yaitu : web server, FTP server, database server, E-mail server, File server, Print server. Kebanyakan web layanan ini juga jenis server.

Layanan Informasi Telematika ??

Pada layanan ini telematika menggabungkan sistem komunikasi dengan kendaraan yang bergerak seperti mobil untuk menawarkan layanan informasi yang disebut GPS, Layanan ini menyatukan sistem komunikasi dengan kendaraan seperti mobil untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Contoh dari layanan informasi tersebut adalah sebagai petunjuk jalan. Dan beberapa contoh lainnya adalah :
a. M – Commerce
b. VOD
c. News and weather

Layanan Keamanan Telematika ??

Layanan ini dapat mengurangi tingkat pencurian dan kejahatan. Seperti contohnya dengan menggunakan Firewall dan juga anti virus yang ada.

Layanan Context Aware & Event Base Telematika ??

Context-awareness merupakan kemampuan layanan network untuk mengetahui berbagai konteks, yaitu kumpulan parameter yang relevan dari pengguna (user) dan penggunaan network itu, serta memberikan layanan yang sesuai dengan parameter-parameter itu. Beberapa konteks yang dapat digunakan yaitu data dasar user, lokasi user, berbagai preferensi user, jenis dan kemampuan terminal yang digunakan user. 

Beberapa bagian dari context awareness telah mulai dikembangkan. Misalnya LBS: location-based service. Ketika user mencari keyword tertentu, maka user akan memperoleh hasil yang dibutuhkan tergantung pada posisi user itu berada. Ini juga dapat digabungkan dengan beberapa data dan informasi yang di inputkan dari user. Sebagai contoh user tersebut mencari data lokasi dimana posisi keberadaan user sekarang berada.

Layanan Perbaikan Sumber Telematika ??

Layanan telematika yang terakhir adalah layanan perbaikan sumber. Resource Discovery Service (RDS) adalah sebuah layanan yang berfungsi untuk penemuan layanan utilitas yang diperlukan. The RDS juga berfungsi dalam pengindeksan lokasi layanan utilitas untuk mempercepat kecepatan penemuan.

Kebutuhan akan SDM dapat dilihat dari bidang ekonomi dan bidang politik, yaitu :
·         Dilihat dari bidang ekonomi
Pengembangan telematika ditujukan untuk peningkatan kapasitas ekonomi, berupa peningkatan kapasitas industry produk barang dan jasa.
·         Dilihat dari bidang politik
Bagaimana telematika memberikan kontribusi pada pelayanan public sehingga menghasilkan dukungan politik.

Dari kedua bidang tersebut diatas kebutuhan terhadap telematika akan dilihat dari dua aspek, yaitu :
1.       Pengembangan peningkatan kapasitas industry.
2.       Pengembangan layana publik.


Daftar Pustaka :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar