Kamis, 03 November 2011

KONFLIK DALAM BERORGANISASI

PENDAHULUAN 

Dalam kali ini kita akan mengkaji tentang Konflik Organisasi Antar Individu yang sering kali kita temui disejumlah organisasi. Bagaimana agar konflik dalam organisasi tersebut dapat diselesaikan dengan cara bermusyawarah agar tidak memperkeruh suasana. semoga pembahsan ini dapat membantu mencari solusi dalam memecahkan konflik yang ada di setiap organisasi.

LANDASAN TEORI

 Konflik dilatarbelakangi oleh perbedaan perbedaan yang dibawa individu dalam suatu interaksi. perbedaan-perbedaan tersebut diantaranya adalah menyangkut fisik, kepandaian, pengetahuan, adat istiadat, keyakinan, dan lain sebagainya. Dengan dibawasertanya ciri-ciri individual dalam interaksi sosial, konflik merupakan situasi yang wajar dalam setiap masyarakat dan tidak satu masyarakat pun yang tidak pernah mengalami konflik antar anggotanya atau dengan kelompok masyarakat lainnya, konflik hanya akan hilang bersamaan dengan hilangnya masyarakat itu sendiri.

Faktor penyebab konflik :
• Perbedaan individu, yang berhubungan tentang perbedaan pendirian dan perasaan.
Setiap manusia adalah individu yang unik dan bermacam - macam. Artinya, setiap orang memiliki pendirian dan perasaan yang berbeda-beda satu dengan lainnya. 
• Perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi-pribadi yang berbeda.• Perbedaan kepentingan antara individu atau kelompok.
• Perubahan-perubahan nilai yang cepat dan mendadak dalam masyarakat.

PEMBAHASAN
 
A. KONFLIK DALAM HUBUNGAN ANTAR PRIBADI
 
Robbins (1996) dalam “Organization Behavior” menjelaskan bahwa konflik adalah suatu proses interaksi yang terjadi akibat adanya ketidaksesuaian antara dua pendapat (sudut pandang) yang berpengaruh atas pihak-pihak yang terlibat baik pengaruh positif maupun pengaruh negatif. Istilah konflik sendiri diterjemahkan dalam beberapa istilah yaitu perbedaan pendapat, persaingan dan permusuhan.

B. MENGELOLA KONFLIK ANTAR PRIBADI
 
Jika kita terlibat dalam suatu konflik dengan orang lain, ada hal yang harus dipertimbangkan yaitu: 
a. Kepentingan pribadi kita
b. Hubungan baik dengan pihak lain
 
C. STRATEGI MENGATASI KONFLIK
 
Konflik dalam komunikasi perlu diatasi, maka dari itu yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:
1. Perlu keterampilan untuk membedakan yang wajar dan sehat serta terampil untuk mengelolanya.
2. Menetapkan batas secara konstruktif antara yang boleh dibahas dengan yang tidak.
3. Memulai percakapan yang bermanfaat dan dapat diterima setiap pihak.
4. Mengarahkan pada batas-batas yang disepakati
5. Terampil menyatakan ketidaksetujuan tanpa ada kesan menolak gagasan pihak lain.

Mungkin untuk sejumlah individu tidak sependapat dengan keputusan yang diambil oleh setiap ketua. Tetapi sebenarnya didalam berorganisasi keputusan yang diambil adalah demokrasi dan menuju mufakat. Suara terbanyak biasanya menjadi kunci dalam pengambilan keputusan ini. setiap ketua juga mempunyai pertimbangan masing masing dalam menganbil keputusan tersebut. Dengan strategi-strategi seperti cara diatas, diharapkan setiap ketua dapat menyelesaikan masalah tersebut secara adil, hingga setiap pihak dapat menerima keputusan tersebut.

Sumber :
http://alfinaoctora.blogspot.com/
http://id.wikipedia.org/wiki/Konflik
http://andrie07.wordpress.com/2009/11/25/konflik-dalam-hubungan-antar-pribadimengelola-konflik-antar-pribadi-dan-strategi-mengatasi-konflik/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar